Logo PotretSulsel.com

Maafkan Sukmawati, PMII Makassar : Proses Hukum Harus Tetap Berjalan

12 April 2018 - 136 views

A A A

Reading Time: 2 minutes
Ket. Foto:
Aksi Damai PMII Makassar di Mapolda Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan, Kamis (12/4).

POTRETSULSEL, MAKASSAR – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Makassar meminta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk memproses Sukmawati yang diduga telah melakukan penistaan agama terkait puisi kontroversi “Ibu Indonesia”.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PMII Cabang Makassar, Ashari Bahar saat menggelar aksi damai di Mapolda Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan, Kamis (12/4).

Menurut Ciko sapaan Ashari Bahar, tindakan Sukmawati walaupun telah menyampaikan permohonan maaf, tetap harus diproses secara hukum, agar tidak ada lagi oknum seperti Sukmawati yang muncul di kemudian hari yang dapat merusak harmonisasi agama dan negara.

“Kita harus memaafkan Sukmawati karena telah menyampaikan permohonan maafnya dan itu juga merupakan imbauan Ketua Umum MUI, Guru Kita KH Ma’ruf Amin untuk memaafkannya,” ujar Ciko.

Menurutnya, proses hukum harus tetap berjalan agar tidak muncul persepsi masyarakat bahwa kita mudah untuk menyampaikan ucapan yang mengandung unsur kebencian karena toh bisa selesai dengan permohonan maaf.

“Aksi Ini bukan berarti tidak memaafkan Ibu Sukmawati tapi ini untuk mencegah agar tidak muncul persepsi masyarakat yang kemudian gampang untuk menyampaikan ujaran kebencian, karena cukup selesai dengan permohonan maaf,” jelasnya.

Selain itu, Ciko juga beranggapan jika kasus Sukmawati tidak diproses hukum, hal itu bisa saja dimamfaatkan untuk kepentingan politik 2019 dengan memunculkan isu sara.

“Tahun politik semakin dekat, jika pihak kepolisian tidak tegas terkait hal ini, bisa saja isu sara akan menjadi isu yang dimainkan di 2019, tentunya hal tersebut akan memicu konflik horisontal. Dan Kita menginginkan hal itu tidak terjadi, maka perlu efek jera, dab itu tugas kepolisian,” ujarnya.

Reporter: Zhoel
Editor: Eno’
Tags:

Categorised in: , ,


© PotretSulsel.com 2018 - Powered By: Anak Daeng