Logo PotretSulsel.com

Kawal NKRI, Ratusan Pemuda Ikuti Pelatihan GP Ansor Makassar

29 Maret 2018 - 156 views

A A A

Reading Time: 2 minutes
Ket. Foto:
DTD II GP Ansor Makassar di Pondok Pesantren Ulul Albab, Jalan Daeng Rammang Makassar, Kamis-Senin, 29 Maret – 1 April 2018.

POTRETSULSEL, MAKASSAR – Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Makassar kembali menggelar Pendidikan dan Pelatihan Terpadu Dasar (DTD) II di Pondok Pesantren Ulul Albab, Jalan Daeng Rammang Makassar, Kamis-Senin, 29 Maret – 1 April 2018.

DTD II yang mengangkat tema “Satu Komando Satu Barisan Membumikan Tradisi, Mengawal NU dan NKRI” tersebut diikuti oleh ratusan pemuda Kota Makassar.

Dalam acara pembukaan yang berlangsung di masjid Ponpes Ulul Albab, Ketua PW GP Ansor Sulsel, Rusdi Idrus, dalam sambutannya menuturkan pelaksanaan DTD dipusatkan di pondok pesantren karena GP Ansor yang merupakan badan otonom Nahdlatul Ulama (NU) tidak bisa lepas dari pesantren.

“Sejarah pembentukan GP Ansor tidak lepas dari peran kyai, ulama, dan para santri. Karena itu saya berharap DTD yang berlangsung di tempat yang berkah ini akan memghasilkan kader calon pemimpin bangsa,” jelas Rusdi.

Mantan Sekretaris PW GP Ansor Sulsel di era ketua Muhammad Tonang itu menambahkan, DTD ini bukanlan seremonial belaka, tapi disini tempat berproses menempa diri untuk menjadi insan yang berakhlak ahlus sunnah waljamaah an nahdliyah sesuai visi misi GP Ansor.

Ketua Dewan Instruktur GP Ansor Sulsel Muhammad Tonang, mengapresiasi pelaksanaan DTD. “GP Ansor adalah warisan para ulama dan kyai, sehingga kita berkewajiban untuk menjaga mereka baik fisik maupun non fisik dalam rangka menyebarkan paham islam yang moderat dan damai,” ucap dia.

Adapun Ketua GP Ansor Makassar Muhammad Harun menekankan agar para peserta memperbaiki niatnya dalam mengikuti DTD ini. “GP Ansor komitmen untuk mengawal ulama dan NKRI, karena itu para sahabat calon kader juga harus siap satu komando bila telah lulus di kegiatan DTD ini,” ungkap Dosen Polinas LP3I ini.

Turut hadir Ketua MUI Kota Makassar Anre Gurutta KH. Baharuddin HS sekaligus memberikan tausiyah dan membuka secara resmi kegiatan tersebut. KH. Baharuddin berpesan agar GP Ansor harus terus konsisten dan komitmen untuk mencegah paham-paham luar yang ingin memecah belah NKRI.

Hadir pula Gurutta KH. Nurullah Pimpinan Ponpes Ulul Albab, perwakilan Polrestabes Makassar, serta para Pimpinan Cabang GP Ansor Makassar. (*)

Reporter: Takbir
Editor: Eno’
Tags:

Categorised in: , ,


© PotretSulsel.com 2018 - Powered By: Anak Daeng