Logo PotretSulsel.com

Survei Melejit, Bukti Kerja Tim Pemenangan Appi-Cicu Terukur dan Terarah

12 Maret 2018 - 284 views

A A A

Reading Time: 2 minutes
Ket. Foto:
Appi saat menggelar sosialisasi.

POTRETSULSEL, MAKASSAR – Kerja tim yang terukur dan terstruktur membuat elektabilitas pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) kian melejit.

Bahkan peningkatan trand rata-rata tiap bulannya memperlihatkan hasil yang positif.

Hanya saja, beberapa waktu lalu, petahana Moh Ramdhan Danny Pomanto secara gamblang menuding bahwa survei yang dijadikan rujukan strategis Appi-Cicu adalah hoax.

Pernyataan pasangan Indira Mulyasari Paramastuti ini pun dinilai terlalu berlebihan. Pasalnya ada kecenderungan serangan politik yang ditujukan kepada Appi-Cicu.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Syahrir Karim mengatakan, Danny mestinya harus hati-hati untuk menuding hasil survey itu tanpa data yang akurat.

“DP (Danny Pomanto) mesti hati-hati menuduh hasil lembaga survey hoax kalau tidak punya alasan yang kuat, karena bisa saja itu berakibat kurang bagus bagi DP,” kata Syahrir, Senin (12/3/2018).

Mestinya, kata dia, Danny menyikapi hal tersebut dengan bijak. Yakni dengan cara meyakinkan publik tanpa melakukan penudingan kepada lembaga survey.

“DP harus mesti menyikapi itu dengan bijak, dengan berusaha meyakinkan publik, dengan menilai lembaga survey yang ada, tanpa harus menuduh lembaga tertentu hoax,” tegasnya.

Dia melanjutkan, persolan ini memang cenderung adalah masuk perang opini.

Dia menjelaskan, Lembaga survey yang tidak bisa menyajikan data secara akurat dan metodologi yang tidak jelas bisa saja itu lembaga survey yang tidak kredibel.

Lebih jauh dia menjelaskan, bisa saja ada hasil survey yang tidak sesuai dengan data dan fakta. Menurut dia lembaga survei seperti ini mestinya diberikan aturan khusus oleh KPU.

“Tapi kalau hasil surveynya bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah, saya kira sah-sah saja dipublish, bahwa kemudian ada perbedaan dengan lembaga yang lain itu biasa, karena sangat tergantung dengan metodologi yang dipakai,” tandasnya.(*)

Reporter: Zhoel
Editor: Eno’
Tags: ,

Categorised in: ,


© PotretSulsel.com 2018 - Powered By: Anak Daeng